• SMK NEGERI 4 METRO
  • Menjadikan Hidup Lebih Baik

PEMANFAATAN LIMBAH BUAH –BUAHAN DAN SAYURAN DI PASAR MARGOREJO SEBAGAI BAHAN PUPUK CAIR PnP(penambah nutrisi dan pertumbuhan) BAGI TANAMAN

Artikel,25Maret 2022

PEMANFAATAN LIMBAH BUAH –BUAHAN DAN SAYURAN DI PASAR MARGOREJO SEBAGAI BAHAN PUPUK CAIR  PnP(penambah nutrisi dan pertumbuhan) BAGI TANAMAN

(KARYA INOVASI)

               Lomba Teknologi Dan  Inovasi Terapan Kota Metro Tahun 2022

Oleh

Tri Sanjayani, Juli Ridho Kurniawan

 Pembimbing :  Widati.S.P

                                                                 

 

                                                                  Abstrack

Di tengah sulitnya mencari pupuk yang bersubsidi maupun yang tidak bersubsidi maka Pupuk cair  PnP(penambah nutrisi dan pertumbuhan tanaman) adalah alternatif pilihan bagi petani sebagai substitusi yaitu dari pemanfaatan limbah buah-buahan dan sayuran dan kotoran hewan,pupuk ini di buat karena kelangkaan pupuk yang sering terjadi .Adapun pembuatan pupuk cair ini untuk menambahn niali guna limbah buah-buahan dan sayuran yang sering dibuang begitu saja yang ada di pasar-pasar tanpa di manfaatkan dan dapat menambah variasi jenis pupuk yang ada.Pupuk cair ini mempunyai prospek pengembangan,hal ini terlihat dari ketersediaan bahan baku yang ada,sehingga kemungkinan kelangkaan bahan baku ini dapat terhindari .Keberadaan pupuk cair sebagai alternatif ini sangat bermanfaat bagi petani di Indonesia,proses pembuatan pupuk cair ini sangat bagus  cara tepat bagi petani di Indonesia khusus nya wilayah Metro dan sekitar nya.Pupuk cair  ini dapat mengembangbiakan mikroba sehingga  mampu mempercepat pertumbuhan tanaman dalam waktu yang singkat dengan pengaplikasian yang tepat dan teratur ,pupuk ini bekerja dengan efektif ,terlihat jelas hasilnya dalam beberapa hari .Keunggulan menambah nutrisi dan pertumbuhan pada tanaman disamping itu membantu pengemburan tanah sehingga banyak oksigen yang bisa masuk kedalam tanah dan terserap oleh akar tanaman.Pembuatan pupuk cair  dari ekstrak limbah buah-buahan dan sayuran,ekstrak daun jambu biji ,kotoran ternak dan bahan penunjang lain nya dengan penambahan air untuk pengaplikasinya (10 ml/cc larutan pupuk cair  di tambah air 1000 ml) dengan kandungan N 25,05ppm,P 796,6 ppm,K 1759ppm, di kocor atau di semprotkan pada tanaman.Pupuk cair dari pemanfaatan Limbah buah dan sayuran ini menjadi alternatif pilihan bagi petani sebagai substitusi pupuk bersubsidi maupun tidak bersubsidi.

 
 

8

 

 

 

Kata kunci : Pupuk cair ,Ekstrak limbah buah-buahan dan sayuran,Fermentasi.

   
 

8

 
 
 

8

 

 

 

 

 

 

Abstract

In the midst of the difficulty of finding subsidized or non-subsidized fertilizers, liquid fertilizer PnP(nutritional enhancer and plant growth) is an alternative choice for farmers as a substitute, namely from the use of fruit and vegetable waste and animal manure, this fertilizer is made due to the scarcity of fertilizers which are often occurs. The manufacture of liquid fertilizer is to add value to fruit and vegetable waste which is often thrown away in markets without being utilized and can add to the variety of existing types of fertilizer. This liquid fertilizer has development prospects, this can be seen from the availability of existing raw materials, so that the possibility of scarcity of these raw materials can be avoided. The existence of liquid fertilizer as an alternative is very beneficial for farmers in Indonesia, the process of making liquid fertilizer is very good, the right way for farmers in Indonesia, especially the Metro area and its surroundings. This liquid fertilizer can breed microbes so that they can accelerate pert plant growth in a short time with proper and regular application, this fertilizer works effectively, the results are clear in a few days. The advantage of adding nutrition and growth to plants besides that it helps loosen the soil so that a lot of oxygen can enter the soil and be absorbed by the roots Plants. Making liquid fertilizer from extracts of fruit and vegetable waste, guava leaf extract, livestock manure and other supporting materials with the addition of water for application (10 ml/cc of liquid fertilizer solution plus 1000 ml of water) with a content of N 25, 05ppm, P 796.6 ppm, K 1759ppm, leaked or sprayed on plants. Liquid fertilizer from the utilization of fruit and vegetable waste is an alternative choice for farmers as a substitute for subsidized or non-subsidized fertilizers.

 

Key words : Liquid fertilizer PnP, Fruit and vegetable waste extract, Fermentation

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
 

1

 

 

 

 

 

  1. PENDAHULUAN

 

1.1. Latar Belakang

Teknologi merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan masyarakat yang semakin majemuk,salah satunya untuk meningkatkan usaha pembangunan masyarakat supaya lebih kreatif ,produktif dan efisien. Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat ,banyak penemuan baru ,akan tetapi perkembangan teknologi tersebut jarang yang memperhatikan aspek kemasyarakatan,dintaranya yaitu kondisi masyarakat,nilai ekonomis,serta pemanfaatan nya.

 

Kota Metro merupakan sebuah wilayah dengan pusat konsentrasi penduduk dengan segala aspek kehidupannya mulai dari bidang pemerintah ,sosial politik,ekonomi dan budaya.ciri yang sangat menonjol dari sebuah kota adalah fisik wilayah yang telah terbangun ,tersedianya fasilitas sosial dan public utilities,serta mobilitas penduduk yang tinggi.Di Metro Selatan mempunyai 2 pasar tradisional yaitu pasar margorejo dan sumber sari ,namun di pasar margorejo persoalan  limbah di pasar sering menggangu penguna jalan yang melintas dengan aroma yang menyengat dan bau tidak sedap.

 

Bank sampah kuning yang ada di pasar margorejo terkadang menimbulkan masalah yang bau yang tidak sedap bila kita melintas di jalan . Ditambah lagi dengan kesadaran masyarakat yang kurang peduli akan pentingnya membuang sampah terutama sampah organik. Jumlah komposisi dan karakteristik limbah tidak terlepas dari pola kecenderungan konsumsi masyarakat itu sendiri(Damanhuri,1:2016).Limbah organik adalah jenis limbah yang paling banyak di buang oleh masyarakat,dimana limbah buah –buahan dan sayuran ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga cepat mengalami pembusukan dan menimbulkan bau  busuk dan pencemaran lingkungan.Dengan keadan seperti ini diperlukan untuk mengelola limbah dengan baik dengan pemanfaatan limbah buah-buahan dan sayuran sebagai pupuk cair yang bermanfaat bagi petani dan menyadarkan masyarakat betapa pentingnya kesehatan lingkungan.

9

 

9

 

8

 

Teknologi tepat guna pada pembuatan Pupuk cair PnP(penambah nutrisi dan pertumbuhan tanaman) yang berbahan dari pemanfaatan limbah buah-buahan dan sayuran di tambah  ekstrak daun jambu biji (Psidium guajava L)dan kotoran kambing,bahan mikrobiologi(gula putih,ragi roti/fermipan ,EM4) sebagai zat bahan makanan bakteri mikroba pengurai agar tumbuh berbagai mikroba pada pupuk PnP ,pupuk cair ini juga di tambah bahan penunjang lain nya yaitu bahan kimia.Meski bahan penunjang yang di gunakan adalah bahan kimia dan mungkin belum  ramah lingkungan namun di sisi lain bahan penunjang ini membantu cara kerja pupuk,contohnya H2O2 dapat mengemburkan tanah yang keras sehingga penuh terisi Oksigen selanjutnya mempermudah bekerja nya akar dan pertumbuhan akar.

2

 

METODE PENELITIAN

 

Waktu dan Tempat

Pembuatan Pupuk Cair PnP dilakukan di laboratorium Agribisnis Tanaman Perkebunan SMK Negeri 4 Metro sejak bulan agustus  2021 dan di lanjutkan  pada bulan 21 januari 2022

 

DIAGRAM PELAKSANAN PENELITIAN PEMBUATAN PUPUK CAIR PnP

       
 

EKSTRAK daunjambu biji dan kotoran kambing       ,                  A

 
 

Ekstrak limbah buah-buahan dan sayuran  

                B

 

 

 

                                                 

                                       

 
 

Kecambah sereal                              

 

                                    +

             +       +

 

 
   

 

 

 

Penambahan bahan mikrobiologi : Gula pasir,ragi,EM4

 

    Pencampuran A+ B

 

 

     =   +                                    

 
   

 

 

 

 

       

 

 

 

 

 
 

3

 

 

 

Uji kandungan NPK pada larutan pupuk cair PnP limbah buah –buahan dan sayuran

 

Larutan pupuk cair(ml)

Aquades ((µL)

Powder (gr)

N/P/K standar(ppm)

N1(ppm/(µL)

N2(ppm/(µL)

P1(ppm/(µL)

P2(ppm/(µL)

K1(ppm/(µL)

K2(ppm/(µL)

Air (ppm/(µL)

N

4

20 .000

1

100

100

100

-

-

-

-

800

P

4

20 .000

1

100

 

 

100

100

 

 

800

K

4

20 .000

1

100

 

 

 

 

100

100

800

 

HASIL PENELITIAN

 

Biaya pembuatan sebesar Rp 31.900,- dapat menghasilkan 10.000 ml/cc (10 liter) larutan pupuk cair PnP dengan kandungan N 25,05ppm,P 796,6 ppm,K 1759ppm, Pemanfaatan limbah buah-buahan dan sayuran sangat ekonomis dalam menambah nutrisi tanaman.

Pupuk cair PnP merupakan pupuk cair yang mengandung mikroba yang bisa membentuk materi kimia dari media sekitar nya menjadi zat kimia yang bisa di serap oleh akar tanaman sehingga  menambah nutrisi dan pertumbuhan tanaman di samping itu pupuk cair PnP  lebih ekonomis dan sebagai alternatif Sebagai pilihan bagi petani sebagai substitusi.

 

 

 
 

13

 


 
 

4

 

 

 

KESIMPULAN

 

  • Pupuk cair PnP(penambah nutrisi dan pertumbuhan)bagi tanaman adalah alternatif pilihan petani sebagai substitusi dengan biaya yang terjangkau .
  • pupuk cair dari limbah buah-buahan dan sayuran ini mengandung bermacam- macam mikroba yang akan menfiksasi NPK di dalam tanah sehingga menjadi senyawa yang bisa di serap akar dan lebih cepat merangsang pertumbuhan dan penambah nutrisi.

 

 

 

 
 

14

 

 

 
 

5

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Balitsa.litbang.pertanian.go.id

 

Bayuseno, A.P. 2009. Penerapan dan Pengujian Teknologi Anaerob Digester Untuk Pengolahan Sampah Buah-buahan dari Pasar Tradisional. Rotasi, 11 (2).

Dahruji, dkk. 2017. Studi Pengolahan Limbah Usaha Mandiri Rumah Tangga dan Dampak Bagi Kesehatan di Wilayah Kenjeran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1): 36 -44. ISSN 2528-4967

Djuarnani, N., Kristian dan Setiawan, B.S. (2005). Cara Cepat Membuat Kompos. Cetakan 1. Jakarta : AgroMedia Pustaka

Dr. Yudiyanto, S.Si., M.Si. Era Yudistira, M.Ak. Atika Lusi Tania, M. Acc, Akt. Dr. Tobibatussaadah, M.Ag ,lembaga penelitian dan pengabdian pada masyarakat IAIN metro dan sai wawai publishing(2019)PENGELOLAAN SAMPAH Pengabdian Pendampingan di Kota Metro.Cetakan 1

 

Jalaluddin, Nasrul ZA, Rizki Syafrina, 2016, Pengolahan Sampah Organik Buah-buahan Menjadi Pupuk Dengan Menggunakan Effective Microorganism, Aceh: Jurnal Teknologi Kimia Unimal.

Kirana, A.A. Pengelolaan Limbah Kulit Buah menjadi Pupuk Cair Organik (PCO) dalam rangka mengurangi jumlah limbah organik. Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret

Marjenah, W. Kustiawan, I. Nurhiftiani, K. H. M. Sembiring dan R. P. Ediyono, 2017. Pemanfaatan Limbah Kulit Buah-buahan sebagai Bahan Baku Pembuatan Pupuk Organik Cair. Ulin– J Hut Trop 1(2)

Nisa, Khalimatu, 2016. Memproduksi Kompos dan Mikro Organisme Lokal. Jakarta: Bibit Publisher.

Nur Muhammad, 2019. Analisis Potensi Limbah Buah-buahan Sebagai Pupuk Organik Cair. Seminar Nasional Teknik Industri Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Susetya, D. 2018. Panduan Lengkap Membuat Pupuk Organik (Untuk Tanaman Pertanian dan Perkebunan). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Wink, M. (2008). Ecological Roles of Alkaloids. Wink, M. (Eds.)Modern Alkaloids, Structure, Isolation Synthesis and Biology,Wiley, Jerman: Wiley-VCH Verlag GmbH & Co. KgaA.

 

 

 
 

6

 

 

 

LAMPIRAN

 

 

 

 

 
 

7

 

 

 

Uji  kadar nutrisi N,P,K pada pupuk cair PnP limbah buah

buahan dan sayuran

 
 

Larutan pupuk cair PnP limbah buah-buahan dan sayuran  dengan

+powder+Nstandar +N1liquid +N2 liqiud,P1,P2,K1,K2

 

 

 

 

 

Pengaplikasian pupuk cair PnP limbah buah-buahan dan sayuran pada tanaman  cabe

Pupuk cair PnP limbah buah-buahan dan sayuran penambah nutrisi dan tinggi  pada tanaman cabe

 

 

 

 

 

Hasil Pengaplikasian ke -1

(7 hari) tinggi sudah 30 cm

 

Pengaplikasian ke -1

(0hari) tinggi 20 cm

 

 

 

 

Pengaplikasian uji penerapan pemupukan

Konsentrasi 10ml pupuk cair PnP + 1000ml air untuk 10 tanaman di polybag(20x30),

Atau tiap 1 tanaman di polybag diberi 1ml pupuk cair PnP dalam 100ml air.

8

 

 

 

 

       
   

9

 
 
   

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
OSIS Masa Bakti 2023/2024 SMKN 4 Metro resmi dilantik

Metro - 7 Agustus 2023.  Organisasi Siswa Intra Sekolah atau disingkat menjadi OSIS merupakan sebuah organisasi yang berada di lingkungan sekolah. OSIS menjadi tempat penyaluran i

07/08/2023 10:22 - Oleh skunda putra - Dilihat 353 kali
SMKN 4 Metro melakukan Benchmarking ke PSDKU Universitas Padjadjaran di Pangandaran dan Agia Mandita Fish Farm

METRO - Pentingnya benchmarking dalam meningkatkan mutu sekolah menjadi perhatian khusus oleh smk negeri 4 metro yang melakukan kunjungan indusri ke PSDKU Universitas Padjadjaran d

20/10/2022 09:00 - Oleh skunda putra - Dilihat 737 kali
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMKN 4 Metro tahun ajaran 2022/2023

Kota Metro - Meredanya pandemi Covid-19 di tahun ini memberikan kesempatan kepada sekolah-sekolah untuk melakukan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah secara luring. Kegiatan mas

27/07/2022 09:54 - Oleh skunda putra - Dilihat 950 kali
Peringati Hardiknas, SMKN 4 Metro gelar Upacara Bendera dengan menggunakan pakaian daerah

Kota Metro - Pada hari Jumat, 13 Mei 2022 SMKN 4 Metro menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2 Mei 2022. Pelaksanaan dimulai pukul 08.00 WIB  s.d selesa

17/05/2022 08:05 - Oleh skunda putra - Dilihat 1011 kali
Kembali ke Sekolah Pasca Idul Fitri

Kota Metro, siswa/siswi kelas X dan XI SMKN 4 Metro kembali melakukan rutinitas kegiatan belajar pasca libur Idul Fitri 1443 H/ 2022 M. Hal ini sesuai dengan surat edaran kepala dinas p

11/05/2022 07:59 - Oleh skunda putra - Dilihat 1575 kali